BERBURU ONGGOK DI LAMPUNG

Menginjakkan kaki di bandara udara RADEN INTEN II untuk kali kedua menjadi kenangan tersendiri buat saya. Tak terasa sudah 5 tahun lalu saya terakhir menginjakkan kaki di di bandara ini. Teringat saat itu saya berburu arang batok dan karbon aktif di Lampung. Saat itu teman di Lampung bilang kalau batok kelapa bakal sulit di waktu yang akan datang. Untungnya sesusahnya cari batok, sampai hari ini pabrik masih bisa jalan.

Hmm… Lampung memang punya ciri sendiri sebagai sebuah propinsi paling ujung di Sumatera. Karena dekat dengan Jawa, masyarakatnya sudah cukup modern. Tapi perjalanan kami bukan untuk keliling kota bandar lampung, jadi dari bandara kami langsung menuju daerah Metro. Sepanjang perjalanan terlihat begitu luas hamparan sawah dengan padi yang sudah menguning. Sayang di beberapa ruas jalan ada jalanan rusak yang menghambat perjalanan. Untung mobil yang kami pakai memang khusus untuk menghadapi medan seperti itu, sehingga perjalanan rasanya asyik saja.

Semakin jauh kami meninggalkan bandar lampung, kami mulai menemukan hamparan tanaman singkong yang sedang menghijau. Segar banget rasanya berada diantara rimbunan tanaman singkong ini. Apalagi kedatangan saya kali ini adalah untuk mencari ampas dari singkong untuk pengolahan tapioka.

Oya…. saya mencari onggok atau ampas tapioka untuk dipakai dalam pembuatan obat nyamuk bakar. Tapioka dibuat dengan memeras singkong, hasil perasannya ditampung dalam kolam dimana di dalam kolam ini aci atau rendemen dari singkong akan mengendap. Selanjutnya mengenai pembuatan tapioka/ aci ini akan kita bahas di waktu yang akan datang

Nah… hasil perasan dari singkong ini alias ampas yang akan saya ceritakan lebih lanjut disini.

Hasil perasan singkong ini akan dikeringkan dengan sinar matahari. Prosesnya biasanya membutuhkan waktu 3-5 hari tergantung kondisi matahari. Kalau kondisi ini terjaga, maka mutu ampas  yang disebut juga onggok akan bagus. Tapi kenyataannya akhir-akhir ini cuaca yang terus hujan mengakibatkan dalam 5 hari onggok tidak kering. Hal inilah yang membuat saya kesulitan mencari onggok.

Dari teman yang punya pabrik saya juga tahu kenapa onggok saat ini susah stocknya. Penyebab utamanya adalah karena saat ini barang ini menjadi rebutan antara pabrik saos, peternak sapi, dan pabrik bio etanol. Bayangkan saja, lahan tidak bertambah tapi pemakai semakin banyak. Sebenarnya di daerah Metro ini banyak sekali pabrik tapioka, namun onggoknya sudah jadi rebutan.

Akhirnya kami sampai juga di pabrik. Ditemani dengan kopi Lampung yang terkenal dan gorengan singkong yang masih panas membuat saya lupa akan perjalanan melelahkan selama 2 jam lebih dari bandara ke Metro. Kami akhirnya menemukan sumber onggok yang dapat mensuplai secar kontinu ke pabrik dalam jumlah yang cukup besar.

Wawww…. rasa letih akhirnya sirna setelah kita berhasil meyakinkan supplier bahwa kita serius dengan bisnis ini dan mereka menyanggupi untuk mensuplai sejumlah yang kita tentukan. Lampung saya akan datang lagi, tapi nantinya saya berharap datang untuk berburu lagi tapi dalam suasana yang lebih rileks.

51 thoughts on “BERBURU ONGGOK DI LAMPUNG

  1. Mau tanya pak, apakah masih ada kebutuhan onggok kalau masih ada apa saja kriterianya, diterima harga berapa, dan berapa kebutuhannya untuk dikirim kemana, kabari saja melalui email saya, terima kasih.
    Saya bukan pengepul tapi dari pabrikkan langsung

  2. Pak saya mau tanya itu harga 2400/kg harga franco mana (harga onggok saja atau gimana.? berapa banyak bapak butuhnya? saya ada grade C dan D…bisa hub saya di 08116000235. atau bapak bisa kirim email ke cv.muliatampujaya@yahoo.com spesifikasinya dan jumlah tonase perbulannya. , sehingga saya bisa email bapak penawarannya.

  3. saya ada onggok sudah kering mati. kiranya kalau bapak bersedia ambil onggok saya bisa bapak hubungi saya di nomor 07219983330.lokasi saya ada di kotabumi.

  4. Beli gaplek UNLIMITED dan SERIUS dgn syarat panjang 15 cm up,kering, warna kuning, siap kontrak 3-6 bulan dan disurvey,jika berminat bisa kirim sample seCEPATnya,Untuk lebih jelas hub : burhan, 08123142150 atau flexi 0341 5406054 ( 24 jam ) atau moh.burhanuddin@mailcity.com

  5. Pak maaf. Saya memliki onggok yg bpk inginkan mohon bisa menghub saya di 08122739007,saya biasa memasok onggok ke surabaya dan cikarang. Mksh

  6. bila bpk serius. silah kan hubungi kami di nomor +6281272638314 maka bpk akn langsung ketemu dgn yg bpk cari. kami hanya mengolah onggok super saja grade b.

  7. Selamat malam perkenalkan saya indra dan saya tertarik untuk bisnis onggok jika boleh saya menjadi mitrabisnis bapak/ibu saya sangat senang sekali. Dan saya bersedia menjadi suplier bapak/ibu. Ini no tlp saya 0821.8406.2084

  8. Selamat sore pak, saya di Jawa Timur, saya berminat untuk menjadi suplier onggok, jika berkenan mohon diinformasikan jenis onggok yang di butuhkan, dan tujuan pengiriman,thks

  9. selamat sore pak saya di lampung,boleh tau berapa kebutuhan bahan baku onnggok bapak dan saya punya barang berupa onggok kering kualitas super A,no telp saya 082110742394…
    boleh saya minta cp.trimakasih

  10. Selamat malam bpk/ibu, perkenalkan saya Anang, jika diperkenankan saya ingin menjadi mitra bisnis bpk/ibu utk supply onggok super B kelas 2. Ini nomer telp saya 081357871954.
    Terima kasih
    Salam,
    Anang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s