Kayu Jati dan Batok jadi Obat Nyamuk Bakar

Kayu jati yang dikenal secara ilmiah dengan nama tectona grandis merupakan jenis kayu mutu tinggi yang banyak digunakan untuk furniture. Kayu ini dapat mencapai tinggi 30 – 40 meter.

Batok Kelapa sudah kita kenal dari zaman dulu. Batok kelapa juga banyak digunakan sebagai ukiran di Indonesia. Sifatnya yang keras dan mudah diukir membuat ukiran batok kelapa banyak digandrungi orang.

Kali ini kita tidak membahas detail tentang tanaman diatas hubungannya dengan ukiran atau furniture.

Tahukah anda kalau serutan kayu jati dan batok kelapa banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat nyamuk bakar?

Dapat dikatakan hampir 70 % bahan baku pembuatan obat nyamuk bakar dari kedua bahan diatas.

 

Cara pengolahannya sangat sederhana, dimana serutan kayu jati dan batok kelapa digiling dengan mesin giling kemudian diayak dengan saringan dengan mesh 80. Hasil yang keluar dari ayakan ini akan sangat halus dan sudah berbentuk tepung.

Tepung kayu jati dan tepung batok kelapa ini dipakai sebagai media untuk insektisida dan parfum yang akan digunakan di obat nyamuk bakar. Kedua tepung ini cocok dipakai untuk obat nyamuk bakar karena sifatnya yang mudah terbakar.

Tepung kayu jati berfungsi untuk memastikan obat nyamuk bakar tetap terbakar sedangkan tepung batok kelapa berfungsi untuk menghaluskan dan menjaga supaya obat nyamuk terbakar tidak terlalu cepat.

Seiring berkembangnya pabrik obat nyamuk di Indonesia, kebutuhan tepung kayu jati dan tepung batok kelapa makin banyak. Hal ini mengakibatkan tepung kayu jati menjadi barang langka. Pada perkembangannya akhirnya serutan kayu lain dicampurkan dengan kayu jati. Bahkan ada juga kayu yang tidak mengandung kayu jati sama sekali. Jenis kayu lain yang dipakai untuk pembuatan obat nyamuk bakar diantaranya adalah:

  1. Kayu Meranti
  2. Kayu Damar laut
  3. Kayu Bengkirai
  4. Kayu Mahoni
  5. Kayu Durian
  6. Kayu Ulin
  7. Kayu Pinus
  8. dan lain-lain

 

Yang lebih sulit adalah tepung batok kelapa. Batok kelapa saat ini banyak dipakai selain untuk kayu bakar, juga dijadikan arang aktif yang penggunaannya saat ini sangat luas.

Hal ini menyebabkan produsen obat nyamuk bakar makin kesulitan mencari sumber material.

Pada perkembangannya pemakaian batok kelapa juga sudah mulai diturunkan dengan menggunakan batok kelapa sawit dan kemiri. Namun pemakaiannya tidak bisa banyak karena disamping sumbernya sedikit pengolahannya lebih sulit.

Saat ini sudah mulai dikembangkan pemakaian sekam padi, juga kayu dengan kehalusan menyerupai batok seperti kayu Ulin.

95 thoughts on “Kayu Jati dan Batok jadi Obat Nyamuk Bakar

  1. Saya banyak bahan baku tempurung kelapa sawit (cangkang sawit), apakah saya bisa mensuplay tepung cangkang kelapa sawit untuk memenuhi kebutuhan bahan baku anda dalam pembuatan obat nyamuk bakar? bagaimana caranya saya mengajukan penawaran penjualan tepung cangkang sawit? Mohon infonya, terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

    Juajir Sumardi
    HP. 0853 99003131

  2. penasaran pingin liat mesin penggiling kayu, tolong donk dikirimkan ke saya foto / gambar mesinnya,, terima kasih..

  3. Kami adalah produsen tepung batok kelapa (coconut shell powder) dan Tepung Grajen Kayu Jati (Wood Powder) dengan spesifikasi :
    Particle size : 60 mesh / 80 mesh / 100 mesh (tergantung pesanan), Color : Brown, Water Content : <13% , Packing : 50 kg / bags, Kapasitas : Coconud Powder 400 ton per bulan, Wood Powder 300 ton per bulan. Harga : Nego

  4. saya mempunyai stok tepung sekam padi. apakah hal ini bisa bisa digunakan untuk bahan baku obat nyamuk.
    kapasitas produksi di kami bisa sampai 2 ton tepung sekam padi. kalo bpk berminat bisa hub ke emal sy :
    uf_hakim@yahoo.co.id.
    btw sy tingga di karawang
    Unang

  5. saya punya serbuk kayu GAHARU ampas sulingan,,apa bisa dipakai sebagai bahan dasar obat nyamuk bakar ? saya tinggal di Sidoarjo Jatim. hp. 085731006367.p.agus.mks atas kerjasamanya.

  6. Yth ibu Aurora ,,,saya petani tepung batok kelapa…saya berminta untuk memasok tepung ke tempat ibu apakah bisa??? berapa dan bagaimana saya menyampaikan penawaran???no yg bisa dihubungi ?? …atau bisa hub saya ke 085229999928 atau ke aromakelapa@gmail.com terimakasih

  7. salam kenall. . nama saya ade dari bogor,. klo sya suplly tepung batok kelapanya gmn caranya pa? pengiriman kemana dan harga penerimaannya berapa pa?

  8. Maaf, sy ikut menawarkan serbuk bengkirai mesh80. Barangkali ad yg mau ready stok sidoarjo call : 70607572. PinBB;25E7F777. Maturnuwun..

  9. saya berencana memproduksi karbon aktif dan saya sudah menelusuri pemasaran karbon tetapi di sini saya membutuhkan tenaga yang berpengalaman di bidang karbon aktif khususnya untuk produksi no 081210360691 atau 087803004697

  10. saya mempunyai tepung kayu jenis rotan dan harbot, apa anda membutuhkannya?
    saya dari daerah Lumajang,Jawa timur.

  11. Maaf Bu,apa masih butuh serbuk gergaji..
    Saya ada serbuk kayu pinus…
    Jika berminat hub saya di – 081703754681

  12. Saya ada tepung batok mesh 60.
    Kuantitas 10 ton.
    Lokasi di gudang sidoarjo.
    Warna coklat tua karena terlalu lama di gudang.
    Harga 1500/kg bisa nego.
    Berminat hubungi saya di nomor 083849317700
    secepatnya karena butuh uang.

  13. yang punya serbuk rotan halus 100 mesh atau serbuk kayu yg lain pokoknya warna putih dan dari kayu keras bukan dri albasia/sengon.
    saya jga terima tepung kiteja/lengket putih.
    yang mau kerjasama dan merasa punya barang mohon sms/cll 082232800140-081216320197
    Aditya
    Malang-Jatim

  14. Siang bu, sya di kaksel banjarmasin disini banyak sekali serbuk gergaji kayu ulin…yang ibu perlukan berupa serbuk atau tepung nya…klau memang diperlukan tepung kayunya, sya bisa upayakan utk produksi…apa ibu masih memerlukan..? dayat 081351982210

  15. pak saya siap jadi supplier tepung batok kelapan dan serbuk kayu jati dg mesh 80
    untuk info hubungi saya: 08995722910

  16. Saya ada stock serbuk gegaji campuran jati mahoni dan juga stock batok kelapa lokasi cirebon kuota 18 ton/ minggu berminat hub +62 822-9907-9961

  17. saya siap supply tepung batok kelapa 60 ton/bulan
    tepung kayu jati 120 ton/bulan
    tepung kulit kopi 30 ton/bulan
    untuk negosiasi harga harap hubungi saya di 08995722910
    facebook : Muhammad Malik Ibrahim
    malikshobri@yahoo.co.id
    saya tunggu responnya bu,terima kasih

  18. Saya ada batok kelapa dan serbuk jati,posisi disukodono,sidoarjo,serbuk jati siap suply 15ton/2hari,bisa hubungi saya di 08123522947

  19. maaf bu saya mau menewarkan serbu kayu jati dari penggergrajian pabrik dari wilayah perhutani di wilayah saradan madiun,barangkali berminat,untuk harga per/kg berapa?insyaallah bisa jangka panjang karna dari pabrik resmi perhutani,tolong kerja samanya hub 085230687025 terima kasih….

  20. maaf bu saya mau menewarkan serbu kayu jati dari penggergrajian pabrik dari wilayah perhutani di wilayah saradan madiun,barangkali berminat,untuk harga per/kg berapa?insyaallah kalau cocok bisa jangka panjang karna dari pabrik resmi perhutani,tolong kerja samanya hub 085230687025 terima kasih….

  21. Ass…slm knl…sya dri cirebon,sy memproduksi tepung sekam padi mesh 80 dan mesh 100…klo masuk bsa suplai kontinue…slhkn hub sya…H.ade-cirebon 087 718 666 740…pin bb 7d89eb59

  22. ibu bapak sy ada tepung batok kelapa mess 80, 100 dan 200 jika ibu berminat dapat mengubungi saya di 08179841240 terimakasih bu/pak

  23. Saya punya batok kelapa daerah bekasi,dan saya butuh sekam dalam porsi besar…!
    Ada yang bisa kerja sama dengan saya pleas coll me di
    081311473794

  24. Saya punya batok kelapa dalam kapasitas banyak,
    Dan saya butuh skam dalam kapasitas banyak..!ada yg bisa kerja sama dengan saya,pleas coll me at
    081311473794

    • Maaf gan sy ikut gabung y n sy punya ranting cengkeh sulingan buat bahan pembuatan dupa n obat nyamuk bakar n barangkali agan2 ada yg mau minat bli n bisa utk membantu jualkan gpp lngsng ja hub sya dinmr 085321444492 barang ada dimalang. Mksh sy tunggu kbr baiknya

Leave a Reply

