Meriam Puntung – Istana Maimoen; sebuah cerita

Sumatera Utara dengan keragaman budaya dan etniknya menjadi satu tempat berpelesir yang direkomendasi di Indonesia.  Setiap daerah memiliki tempat wisata yang menarik.

Kali ini saya mengajak kita jalan-jalan di tengah kota.

Kalau anda jalan-jalan ke Sumatera Utara, salah satu tempat yang pantas anda kunjungi adalah Istana Maimoen. Istana Maimoen berada di tengah kota Medan.

 Selain bisa melihat sejarah kerajaan Deli dan berbagai ornament tua yang dipakai pada zaman Belanda anda juga dapat mencoba suara Meriam puntung yang dapat didengarkan dari sisa meriam yang disimpan di lokasi istana ini.

 Menurut legenda Meriam Puntung adalah penjelmaan dari adik Putri Hijau dari Kerajaan Deli Tua bernama Mambang Khayali yang berubah menjadi meriam dalam mempertahankan istana dari serangan raja Aceh yang ditolak piangannya oleh Putri Hijau.

Akibat larasnya yang cukup panas karena menembak terus-menerus maka akhirnya pecah menjadi 2 bagian

Ujung meriam yang merupakan bagian yang satu melayang dan menurut dongeng jatuh di kampong Suka Nalu Kecamatan Barus Jahe Tanah Karo. Sedangkan bagian yang satunya dapat anda lihat di Istana Maimoen ini.

 

Tidak jauh dari Istana Maimoen ini anda juga bisa mengunjungi Perpustakaan Daerah. Yang menarik dari perpustakaan daerah ini adalah anda bisa menemukan miniature rumah adat dan pakaian adat dari berbagai etnik yang ada di Sumatera Utara. Lengkap dengan penjelasannya pula.

 

Selain itu tentunya anda dapat menikmati berbagai jenis buku yang tersedia di tempat ini.

Selamat Mencoba…..

2 thoughts on “Meriam Puntung – Istana Maimoen; sebuah cerita

  1. meriam di lokasi istana maimoen kalau bisa janga sesekali untuk di buat bahan-bahan sesajian seperti memberikan bunga di atasnya, meletakkan berbagai makanan didekatnya serta jangan dianggap sebagai tmpat permohonan, perbuatan seperti ini tidak ada gunanya tapi anggaplah sebagai kenangan peristiwa masa lalu. saya selaku Arkeolog dan sejarawan, mengganggap ini adalah salah satu peninggalan bersejar diantara ribuan peninggalan bersejarah yang ada di nusantara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s